Soal dan pembahasan Bahasa Indonesia Kelas 10 semester 2
1. 1. Berikut ini adalah bagian dari struktur teks negosiasi jual beli,
kecuali….
a. orientasi
b. penawaran
c. permintaan
d. perintah
e. persetujuan
a. orientasi
b. penawaran
c. permintaan
d. perintah
e. persetujuan
d. perintah
= Keadaan yang saling menguntungkan adalah hasil yang ingin diciptakan dalam bernegosiasi. Ia membutuhkan orientasi, permintaan, penawaran, dan baru kemudian persetujuan. Dalam hal ini, perintah tidak cocok dimasukkan ke dalam struktur teks negosiasi karena sifatnya yang memaksa dan hanya terfokus pada satu kepentingan. Bentuk yang lebih cocok seharusnya persuasif karena bersifat mengajak atau membujuk.
= Keadaan yang saling menguntungkan adalah hasil yang ingin diciptakan dalam bernegosiasi. Ia membutuhkan orientasi, permintaan, penawaran, dan baru kemudian persetujuan. Dalam hal ini, perintah tidak cocok dimasukkan ke dalam struktur teks negosiasi karena sifatnya yang memaksa dan hanya terfokus pada satu kepentingan. Bentuk yang lebih cocok seharusnya persuasif karena bersifat mengajak atau membujuk.
2. 2. Hal yang tidak termasuk ke dalam kaidah teks negosiasi adalah….
a. Melibatkan dua pihak/lebih
b. Berbeda kepentingan
c. Adanya tawar-menawar
d. Perlunya strategi
e. Selalu berakhir dengan kesepakatan
a. Melibatkan dua pihak/lebih
b. Berbeda kepentingan
c. Adanya tawar-menawar
d. Perlunya strategi
e. Selalu berakhir dengan kesepakatan
e. Selalu berakhir dengan
kesepakatan
= Negosiasi dilakukan ketika kedua belah pihak memiliki perbedaan keinginan. Negosiasi dapat berupa tawar-menawar sehingga diperlukan adanya strategi. Akan tetapi, negosiasi tidak selalu dapat diakhiri dengan suatu kesepakatan. Ia bisa saja mengalami kegagalan. Setiap orang tidak bisa memaksakan kehendak karena negosiasi bertumpu pada kebersamaan dan saling pengertian.
= Negosiasi dilakukan ketika kedua belah pihak memiliki perbedaan keinginan. Negosiasi dapat berupa tawar-menawar sehingga diperlukan adanya strategi. Akan tetapi, negosiasi tidak selalu dapat diakhiri dengan suatu kesepakatan. Ia bisa saja mengalami kegagalan. Setiap orang tidak bisa memaksakan kehendak karena negosiasi bertumpu pada kebersamaan dan saling pengertian.
3. 3. Perhatikan langkah-langkah berikut ini.
(1) permintaan
(2) persetujuan
(3) penawaran
(4) orientasi
(5) pembelian
(6) pemenuhan
(7) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah.…
a. 4-2-1-3-4-5-6-7
b. 4-1-2-4-3-5-6-7
c. 4-1-6-3-2-5-7
d. 4-1-6-2-3-7-5
e. 4-1-6-2-3-5-7
(1) permintaan
(2) persetujuan
(3) penawaran
(4) orientasi
(5) pembelian
(6) pemenuhan
(7) penutup
Susunan struktur teks negosiasi yang tepat adalah.…
a. 4-2-1-3-4-5-6-7
b. 4-1-2-4-3-5-6-7
c. 4-1-6-3-2-5-7
d. 4-1-6-2-3-7-5
e. 4-1-6-2-3-5-7
c. 4-1-6-3-2-5-7
= Proses terjadinya negosiasi dalam jual beli harus berurutan. Proses ini dimulai dari (4) orientasi/pembukaan, dilanjutkan dengan (1) permintaan (poin ini disampaikan oleh calon pembeli), (6) pemenuhan (ada atau tidaknya barang yang disampaikan oleh penjual) (3) penawaran (calon penjual merasa keberatan), (2) persetujuan (penjual sepakat dengan penawaran calon pembeli) , (5) pembelian, dan terakhir adalah (7) penutup.
= Proses terjadinya negosiasi dalam jual beli harus berurutan. Proses ini dimulai dari (4) orientasi/pembukaan, dilanjutkan dengan (1) permintaan (poin ini disampaikan oleh calon pembeli), (6) pemenuhan (ada atau tidaknya barang yang disampaikan oleh penjual) (3) penawaran (calon penjual merasa keberatan), (2) persetujuan (penjual sepakat dengan penawaran calon pembeli) , (5) pembelian, dan terakhir adalah (7) penutup.
4. Tujuan bernegosiasi adalah
sesuatu yang ingin dicapai. Hal yang dimaksud adalah.… a.
Mendapatkan pelajaran dari satu pihak
b. Mendapatkan keuntungan tersendiri
c. Meraih penghargaan
d. Membela kepentingan orang lain
e. Mendapatkan kesepakatan bersama
b. Mendapatkan keuntungan tersendiri
c. Meraih penghargaan
d. Membela kepentingan orang lain
e. Mendapatkan kesepakatan bersama
e. Mendapatkan
kesepakatan bersama
= Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk menyelesaikan konflik antara kedua belah pihak akibat adanya perbedaan kepentingan. Oleh karena itu, kondisi final yang dicari adalah keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak atas dasar kesepakatan bersama.
5. Secara umum, struktur negosiasi dapat berupa….
a. Pernyataan umum, aspek yang digolongkan
b. Pembuka, isi, penutup
c. Orientasi, komplikasi, Reorientasi, koda
d. Babak, adegan, prolog, dialog, epilog
e. Tesis, argumentasi, penegasan ulang
= Tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk menyelesaikan konflik antara kedua belah pihak akibat adanya perbedaan kepentingan. Oleh karena itu, kondisi final yang dicari adalah keuntungan yang didapatkan oleh kedua belah pihak atas dasar kesepakatan bersama.
5. Secara umum, struktur negosiasi dapat berupa….
a. Pernyataan umum, aspek yang digolongkan
b. Pembuka, isi, penutup
c. Orientasi, komplikasi, Reorientasi, koda
d. Babak, adegan, prolog, dialog, epilog
e. Tesis, argumentasi, penegasan ulang
b. Pembuka,
isi, penutup
= Negosiasi yang dilaksanakan karena munculnya konflik dapat berupa bentuk yang cukup sederhana, yaitu terdiri atas pembukaisipenutup. Ini adalah bentuk yang umum terjadi dalam negosiasi. Jawaban adalah Pembuka isi penutup
6. Berikut ini yang merupakan contoh negosiasi adalah….
a. Tanya-jawab saat ceramah
b. Seminar
c. Debat capres
d. Lobi antarfraksi saat sidang istimewa di DPR
e. Dialog interaktif
= Negosiasi yang dilaksanakan karena munculnya konflik dapat berupa bentuk yang cukup sederhana, yaitu terdiri atas pembukaisipenutup. Ini adalah bentuk yang umum terjadi dalam negosiasi. Jawaban adalah Pembuka isi penutup
6. Berikut ini yang merupakan contoh negosiasi adalah….
a. Tanya-jawab saat ceramah
b. Seminar
c. Debat capres
d. Lobi antarfraksi saat sidang istimewa di DPR
e. Dialog interaktif
d. Lobi
antarfraksi saat sidang istimewa di DPR
= Satu syarat munculnya negosiasi adalah adanya perbedaan kepentingan. Hal ini memberikan makna bahwa negosiasi itu adalah tindakan tawar-menawar yang memerlukan adanya strategi dalam membujuk, memberikan alasan yang kuat, dan disertai oleh bahasa yang santun agar tercipta jalan tengah yang mengakomodasi perbedaan kepentingan tersebut. Berdasarkan pemahaman ini, opsi D adalah bentuk negosiasi yang tepat. Dalam sidang istimewa DPR, perbedaan kepentingan antarfraksi sudah pasti akan muncul. Sebelum melakukan putusan, ketua DPR biasanya memberikan waktu bagi setiap fraksi untuk melakukan lobi (tawar-menawar) dengan fraksi yang berbeda pandangan.
7. “ 60 ribu kemahalan, Bang. 45 ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang.”
Dalam jual-beli, kalimat di atas termasuk ke dalam struktur….
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Pembelian
e. Persetujuan
= Satu syarat munculnya negosiasi adalah adanya perbedaan kepentingan. Hal ini memberikan makna bahwa negosiasi itu adalah tindakan tawar-menawar yang memerlukan adanya strategi dalam membujuk, memberikan alasan yang kuat, dan disertai oleh bahasa yang santun agar tercipta jalan tengah yang mengakomodasi perbedaan kepentingan tersebut. Berdasarkan pemahaman ini, opsi D adalah bentuk negosiasi yang tepat. Dalam sidang istimewa DPR, perbedaan kepentingan antarfraksi sudah pasti akan muncul. Sebelum melakukan putusan, ketua DPR biasanya memberikan waktu bagi setiap fraksi untuk melakukan lobi (tawar-menawar) dengan fraksi yang berbeda pandangan.
7. “ 60 ribu kemahalan, Bang. 45 ribu saja ya? Saya beli dua baju, Bang.”
Dalam jual-beli, kalimat di atas termasuk ke dalam struktur….
a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Pembelian
e. Persetujuan
b. Penawaran
= Kalimat pada soal di atas termasuk ke dalam struktur penawaran. Hal ini terlihat dalam bentuk pengajuan usul penurunan harga.
Dalam jual beli, kadang kala, syarat pemenuhan barang, dalam hal ini harga, terlampau tinggi. Jika kondisi seperti ini kita temukan, kita bisa melakukan bentuk penawaran untuk meringankan syarat tadi. Bentuk penawaran yang kita berikan bisa disertai dengan argumen/alasan agar pihak penjual mau menerima penawaran kita.
8. Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1) Irwan : Selamat siang, Pak.
(2) Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3) Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
(4) Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5) Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6) Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar
untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7) Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina
sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8) Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
(9) Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
a. 1,2,3,4
b. 5,6,7,8
c. 7,8,9,10
d. 3,4,5,6
e. 2,3,4,5
= Kalimat pada soal di atas termasuk ke dalam struktur penawaran. Hal ini terlihat dalam bentuk pengajuan usul penurunan harga.
Dalam jual beli, kadang kala, syarat pemenuhan barang, dalam hal ini harga, terlampau tinggi. Jika kondisi seperti ini kita temukan, kita bisa melakukan bentuk penawaran untuk meringankan syarat tadi. Bentuk penawaran yang kita berikan bisa disertai dengan argumen/alasan agar pihak penjual mau menerima penawaran kita.
8. Perhatikan teks negosiasi di bawah ini!
(Irwan selaku ketua OSIS menghadap kepala sekolah untuk menyerahkan proposal kegiatan latihan dasar kepemimpinan)
(1) Irwan : Selamat siang, Pak.
(2) Kepsek : Siang, masuk Wan! Ada apa, Wan?
(3) Irwan : Ini Pak, ada proposal acara LDK untuk bulan depan.
(4) Kepsek : Coba Bapak lihat! (sambil membolak-balik halaman proposal)
Ini acara puncaknya di luar sekolah, Wan?
(5) Irwan : Iya, Pak. Rencana mau kami adakan di Kandang Badak, Gunung
Pangrango, Cibodas.
(6) Kepsek : Kalau untuk ini, mohon maaf, Bapak tidak bisa izinkan. Risikonya terlalu besar
untuk dilaksanakan di luar sekolah, apalagi di gunung. Bagaimana kalau acaranya di sekolah saja. Biaya sedikit dan tanggung jawabnya tidak terlalu berat.
(7) Irwan : Kami sudah memikirkan soal risiko itu, Pak. Pak Cuntawan sebagai pembina
sudah sepakat. Kandang Badak tidak terlalu tinggi. Kami pun akan mengikutsertakan para alumni. Soal biaya 50 % ditanggung alumni, tetapi dengan syarat acara outbond diadakan di luar.
(8) Kepsek : Begitu ya? Baiklah, nanti akan Bapak pertimbangkan.
(9) Irwan : Terima kasih, Pak.
Proses tawar-menawar antara Irwan dan kepala sekolah terjadi pada nomor….
a. 1,2,3,4
b. 5,6,7,8
c. 7,8,9,10
d. 3,4,5,6
e. 2,3,4,5
b. 5,6,7,8
= Teks negosiasi bukan bagian dari jual beli sehingga bagian teks tersebut hanya terdiri atas tiga bagian: pembukaisipenutup. Bagian pembuka atau orientasi muncul pada nomor 1 – 4. Bagian isi ada pada nomor 5 – 8. Bagian penutup muncul pada nomor 9 dan 10. Proses tawar-menawar ada pada bagian isi.
= Teks negosiasi bukan bagian dari jual beli sehingga bagian teks tersebut hanya terdiri atas tiga bagian: pembukaisipenutup. Bagian pembuka atau orientasi muncul pada nomor 1 – 4. Bagian isi ada pada nomor 5 – 8. Bagian penutup muncul pada nomor 9 dan 10. Proses tawar-menawar ada pada bagian isi.
9. Perhatikan kutipan dialog
berikut!
Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.
Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….
a. Mengucapkan salam – membalas salam
b. Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d. Menawarkan – menerima/menolak tawaran
e. Mengusulkan – menerima/menolak usulan.
Pramuniaga : Sebentar, Kak, saya cek dulu barangnya. Ada Kak. Telepon merek Sambung Galaksih warna transparan. Harga lima juta, gratis micro sd 8 GB, pelapis anticakar, dan garansi toko seumur hidup.
Calon pembeli : Wah, itu kemahalan, Mbak. Ini kan tipe lama. Harga pasarannya empat juta. Empat juta saja ya…
Pasangan tuturan yang tepat berdasarkan kutipan teks negosiasi di atas adalah….
a. Mengucapkan salam – membalas salam
b. Bertanya – menjawab /tidak menjawab
c. Meminta tolong – memenuhi/menolak permintaan
d. Menawarkan – menerima/menolak tawaran
e. Mengusulkan – menerima/menolak usulan.
d.
Menawarkan – menerima/menolak tawaran
Pasangan tuturan yang tepat yang muncul pada kutipan dialog di atas adalah pramuniaga menawarkan barang yang diminta oleh calon pembeli disertai dengan harga dan hal-hal yang didapatkan pembeli. Kemudian, calon pembeli menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal.
10. Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah .…
a. imperatif
b. interogatif
c. informatif
d. persuasif
e. deklaratif
Pasangan tuturan yang tepat yang muncul pada kutipan dialog di atas adalah pramuniaga menawarkan barang yang diminta oleh calon pembeli disertai dengan harga dan hal-hal yang didapatkan pembeli. Kemudian, calon pembeli menolak tawaran tersebut dengan mengatakan bahwa harga yang ditawarkan terlalu mahal.
10. Di dalam teks negosiasi, bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mau memenuhi permintaan kita adalah .…
a. imperatif
b. interogatif
c. informatif
d. persuasif
e. deklaratif
d. persuasif
Bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mengikuti dan memenuhi permintaan kita disebut juga dengan persuasi (persuasif). Persuasif adalah bagian dari jenis komunikasi yang dilakukan dengan etika dan ditujukan untuk memengaruhi dan mengubah sikap dan perilaku seseorang agar bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.
11. “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”
Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
a. interogatif
b. eksklamatif
c. persuasif
d. deklaratif
e. imperatif
Bahasa yang digunakan untuk mengajak pihak lain agar mengikuti dan memenuhi permintaan kita disebut juga dengan persuasi (persuasif). Persuasif adalah bagian dari jenis komunikasi yang dilakukan dengan etika dan ditujukan untuk memengaruhi dan mengubah sikap dan perilaku seseorang agar bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.
11. “Di tempat lain harganya bisa lebih mahal, Pak. Ini sudah paling murah jadi Bapak tidak akan rugi beli di sini.”
Bentuk di atas dalam negosiasi disebut kalimat .…
a. interogatif
b. eksklamatif
c. persuasif
d. deklaratif
e. imperatif
d.
deklaratif
Jika kita analisis pemilihan kata dalam teks di atas, akan terlihat kata-kata yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pihak komunikan agar mau melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan pihak komunikator, yaitu Bapak tidak akan rugi beli di sini. Kata-kata bujukan pun disertai dengan kata-kata yang kembali menguatkan ajakan tersebut, yaitu ini sudah paling murah, di tempat lain bisa lebih mahal. Dengan demikian, dapat kita pastikan bahwa teks di atas berbentuk persuasif.
12. Cara yang baik untuk mengemukakan argumentasi agar pihak lain merasa yakin adalah dengan cara ….
a. Menggunakan istilah-istilah ilmiah
b. Santun dalam mengemukakan pendapat
c. Bersikap arogan
d. Melakukan ancaman
e. Menyanjung secara berlebihan
Jika kita analisis pemilihan kata dalam teks di atas, akan terlihat kata-kata yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pihak komunikan agar mau melakukan tindakan sesuai dengan apa yang diinginkan pihak komunikator, yaitu Bapak tidak akan rugi beli di sini. Kata-kata bujukan pun disertai dengan kata-kata yang kembali menguatkan ajakan tersebut, yaitu ini sudah paling murah, di tempat lain bisa lebih mahal. Dengan demikian, dapat kita pastikan bahwa teks di atas berbentuk persuasif.
12. Cara yang baik untuk mengemukakan argumentasi agar pihak lain merasa yakin adalah dengan cara ….
a. Menggunakan istilah-istilah ilmiah
b. Santun dalam mengemukakan pendapat
c. Bersikap arogan
d. Melakukan ancaman
e. Menyanjung secara berlebihan
b. Santun
dalam mengemukakan pendapat
Argumentasi harus dilakukan dengan cara yang santun dan alasan yang masuk akal agar orang percaya dan mau mengikuti kehendak kita. Santun berarti tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Sanjungan pun selama tidak berlebihan dapat juga dikatakan sebagai bahasa yang santun.
13. Berikut ini yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah .…
a. Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang.
b. Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.
c. Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikan jauh dari kata layak.
d. Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan.
e. Seharusnya Anda paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.
Argumentasi harus dilakukan dengan cara yang santun dan alasan yang masuk akal agar orang percaya dan mau mengikuti kehendak kita. Santun berarti tidak menggunakan kata-kata yang dapat menyinggung orang lain. Sanjungan pun selama tidak berlebihan dapat juga dikatakan sebagai bahasa yang santun.
13. Berikut ini yang termasuk kalimat yang santun dalam bernegosiasi adalah .…
a. Bapak harus turuti permintaan kami atau kami akan melakukan mogok kerja mulai sekarang.
b. Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.
c. Kami sudah lelah bekerja seperti ini. Gaji yang Anda berikan jauh dari kata layak.
d. Hanya bapak yang dapat hidup enak, sedangkan kami, para buruh, hidup serba kekurangan.
e. Seharusnya Anda paham bahwa gaji yang Anda berikan belum sesuai dengan UMR.
b. Kami
mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami.
Kalimat yang santun memiliki ciri penggunaan kata-kata yang bersifat merendah, tidak memerintah, dan juga menghadirkan kata-kata bernada positif (amelioratif). Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami. Itu adalah kalimat yang tepat sebagai bentuk kalimat yang santun karena menggunakan kata mohon untuk menunjukkan kerendahhatian, begitu pula dengan kata sudi mempertimbangkan.
Kalimat yang santun memiliki ciri penggunaan kata-kata yang bersifat merendah, tidak memerintah, dan juga menghadirkan kata-kata bernada positif (amelioratif). Kami mohon Bapak sudi mempertimbangkan kenaikan gaji bagi kami. Itu adalah kalimat yang tepat sebagai bentuk kalimat yang santun karena menggunakan kata mohon untuk menunjukkan kerendahhatian, begitu pula dengan kata sudi mempertimbangkan.
14. Chairil Anwar dilahirkan
di Medan, tanggal 26 Juli 1922. Chairil
Anwar adalah tipe pemuda yang suka membaca
dan belajar sendiri, sehingga tulisannya memiliki
kualitas yang sangat tinggi. Ia pun dikenal
sebagai pelopor penyair Angkatan 45. Dari
esai-esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang individualis yang bebas.
Dengan berani dan secara demonstratif, ia
menentang pula sensor Jepang dan ia
selalu menjadi incaran Kempetai.(polisi rahasia Jepang).
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A. suka membaca dan belajar sendiri
B. memiliki kualitas tulisannya
C. menentang segala tekanan Jepang
D. pelopor penyair Angkatan 45
Cuplikan biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal tulisan-tulisan yang berkualitas
Jawaban: B
A. suka membaca dan belajar sendiri
B. memiliki kualitas tulisannya
C. menentang segala tekanan Jepang
D. pelopor penyair Angkatan 45
Cuplikan biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal tulisan-tulisan yang berkualitas
Jawaban: B
15. Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan.
Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. merekrut mahasiswa lulusan terbaik
B. menjadi rektor termuda di Indonesia
C. berkomitmen memajukan pendidikan
D. menggagas program “Indonesia Mengajar”
Jawaban: B
= Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Anis Baswedan menjadi rektor termuda di Indonesia dalam usia 38 tahun.
16. Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!
Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda
bisnis sudah seharusnya sabar dan mau menapaki tangga usaha satu persatu.
Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan.
Dibutuhkan sebuah kesabaran dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang
mengambil jalan seketika (instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah
salah satu kunci utama dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah
penting bagi Chairul. Adalah manusiawi ketika berusaha, seseorang ingin segera
mendapatkan hasilnya. Tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. sabar dan pantang menyerah
B. sabar dan ingin cepat berhasil
C. tekun dan teliti dalam berbisnis
D. sabar dalam berusaha dan sangat kreatif
Jawaban: A
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (A) yang merupakan keteladanan tokoh tersebut seperti yang terdapat pada teks tersebut.
17. Bacalah paragraf berikut!
Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair
legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang
zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil
Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan
Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil Anwal memang penyair besar yang
menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk
perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini,
antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang
disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald
MacLeish(1948).
Dia
juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan
dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus
1945.
Sajaknya
yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang
sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku,
diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
Hal yang menarik pada
diri tokoh Chairil Anwar adalah ...
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.
Jawaban: A
= Cuplikan
biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan
sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal karya-karyanya hidup dalam
batin (digemari) sepanjang zaman.
18. Bacalah kutipan biografi berikut!
Fahma Waluya Rohmansyah siswa SMP Negeri 2
Bandung. Dia membuat aplikasi game pemberantas korupsi untuk Ipad. Di depan Komisi Pemberantasan
Korupsi (KPK) Fahma mendemontrasikan game buatannya. Fahma sudah membuat lebih kurang 40 game bersama adiknya.
Uniknya game KPK buatannya selalu diiringi musik angklung. Fahma pemenang game tingkat
internasional.
Keistimewaan tokoh pada biografi tersebut adalah ...
A. Pemain game di depan KPK
B. Pembuat game dengan adiknya
C. Pemenang game internasional
D. Penemu musik angklung
Keistimewaan tokoh pada biografi tersebut adalah ...
A. Pemain game di depan KPK
B. Pembuat game dengan adiknya
C. Pemenang game internasional
D. Penemu musik angklung
Jawaban:C
= Keistimewaan seseorang
merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Fahma menjadi pemenang game tingkat internasional
di usia belia.
19. Bacalah kutipan biografi berikut!
Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya
sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Yang bernama, Jong
Sumatranen Bond. Tetapi, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga
memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.
Hal yang dapat diteladani dari kutipan biografi Bung Hatta adalah ...
A. aktif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik
B. organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond
C. selalu memikirkan penderitaan rakyat
D. aktif berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita
Hal yang dapat diteladani dari kutipan biografi Bung Hatta adalah ...
A. aktif di organisasi daerah dan melaksanakan tugas negara dengan baik
B. organisasi yang diikuti adalah Jong Sumatranen Bond
C. selalu memikirkan penderitaan rakyat
D. aktif berorganisasi dan memikirkan rakyatnya yang menderita
Jawaban: D
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang tepat dan lengkap sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang tepat dan lengkap sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
20. Bacalah kutipan biografi berikut!
Amir Hamzah memulai kepenyairannya pada usia yang masih
belia. Ketika ia masih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat majalah
Timbul dan Panji Pustaka. Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahasiswa
di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair
Pujangga Baru oleh H.B. Yasin. Masih menurut H.B. Yasin, Amir Hamzah adalah
penyair yang sangat produktif.
Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ...
A. memulai kepenyairannya pada usia muda
B. puisnya telah dimuat di majalah Timbul
C. duduk di bangku AMS
D. mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru
Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ...
A. memulai kepenyairannya pada usia muda
B. puisnya telah dimuat di majalah Timbul
C. duduk di bangku AMS
D. mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru
Jawaban:D
= Keistimewaan seseorang
merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, hanya Amir Hamzahlah yang mendapat julukan penyai pujangga baru.
21. Bacalah teks berikut!
Hamka singkatan Haji Abdul Malik Karim
Amrullah lahir di Maninjau, Sumatera Barat. Tahun 1951 beliau menjabat pegawai
tinggi agama, tetapi meletakkan jabatan itu dan bergiat dalam politik. Buya Hamka
merupakan sosok autodidak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Beliau mahir
berbahasa Arab. Beliau rajin membaca dan bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh
terkenal Jakarta seperti HOS Tjokroaminoto, Raden Mas Soerjopranoto, Haji
Fahrudin A.R., Sutan Mansur, dan Ki Bagus Hadi Kusumo.
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. gigih dalam politik
B. mengasah kerja dan keberaniannya
C. rajin membaca dan berdiskusi
D. kepemimpinan dan keberaniannya
Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. gigih dalam politik
B. mengasah kerja dan keberaniannya
C. rajin membaca dan berdiskusi
D. kepemimpinan dan keberaniannya
Jawaban: C
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (C) yang tepat dan sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (C) yang tepat dan sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
22. Bacalah teks berikut!
Bung Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatera
Barat, 12 Agustus 1902. Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil
Presiden Indonesia yang pertama. Beliua bersama Soekarno memainkan peranan
penting untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda, sekaligus
memperoklamasikannya pada 17 Agustus 1945. Beliau pernah menjabat sebagai
Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta. Ia mundur dari jabatan Wakil Presiden pada
tahun 1945 karena sesuatu hal. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi
Indonesia.
Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat
Keistimewaan tokoh dalam teks tersebut adalah ....
A. seorang pejuang, negarawan, dan ekonom
B. semangat yang tinggi untuk kemerdekaan RI
C. mundur dari jabatan Wakil Presiden RI
D. penjuang yang penuh semangat
Jawaban:A
= Keistimewaan seseorang
merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Bung Hatta memiliki keistimewaan menjadi seorang pejuang, negarawan, dan
ekonom sekaligus.
23. Bacalah teks berikut!
Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera
Barat, pada 1884. Agus Salim bersekolah di HBS Jakarta. Pada 1903 ia berhasil
menamatkan pendidikannya di sekolah dasar tersebut. Ia tidak meneruskan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan tekun ia terus belajar secara
autodidak. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Berkat ketekunan dan
kepandaiannya, akhirnya ia dapat menguasai sembilan bahasa asing, di antaranya
bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, Turki, dan Jepang. Karena terampil
berbahasa asing, ia memilih berprofesi sebagai penerjemah bahasa.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. bersekolah di HBS Jakarta
B. menguasai sembilan bahasa asing
C. berdisiplin tinggi dan rajin bekerja
D. berprofesi sebagai penerjemah bahasa
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. bersekolah di HBS Jakarta
B. menguasai sembilan bahasa asing
C. berdisiplin tinggi dan rajin bekerja
D. berprofesi sebagai penerjemah bahasa
Jawaban:B
= Keistimewaan seseorang
merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Agus Salim memiliki keistimewaan dalam menguasai sembilan bahasa asing.
24. Bacalah teks berikut!
Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia
yang paling sederhana sepanjang masa. Mohammad Natsir diangkat sebagai
perdana menteri oleh Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1950. Dia dikenang
sebagai menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi hadiah mobil
mewah. Natsir juga diketahui menguasai banyak bahasa asing. Misalnya Inggris,
Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. Diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno
B. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa
C. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah
D. Menguasai banyak bahasa asing: Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.
Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. Diangkat sebagai perdana menteri oleh Presiden Soekarno
B. Merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa
C. Menteri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi mobil mewah
D. Menguasai banyak bahasa asing: Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, dan Arab.
Jawaban:B
= Keistimewaan seseorang
merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, hanya Mohammad Natsir yang merupakan
tokoh Indonesia yang paling sederhana.
25. Bacalah teks berikut!
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli
1922. Selpas SMA, Chairil mengikuti ibunya ke Jakarta. Semasa kecil di Medan,
Chairil sangat dekat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberikan kesan
pada hidup Chairil. Beliau mengungkapkan perasaannya melalui menciptakan puisi.
Dalam hidupnya ia amat jarang berduka. Sejak kecil Chairil terkenal bersemangat. Salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya adalah ia tak mau kalah dalam berdebat dan keinginan yang lain. Chairil Anwar jarang bersedih dan selalu bersabar.
Hal yang patut diteladani dari Chairil Anwar adalah ....
A. Chairil Anwar lahir di Medan
B. tidak mau kalah dalam berdiskusi
C. pindah ke Jakarta mengikuti ibunya
D. jarang bersedih dan selalu bersabar
Dalam hidupnya ia amat jarang berduka. Sejak kecil Chairil terkenal bersemangat. Salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya adalah ia tak mau kalah dalam berdebat dan keinginan yang lain. Chairil Anwar jarang bersedih dan selalu bersabar.
Hal yang patut diteladani dari Chairil Anwar adalah ....
A. Chairil Anwar lahir di Medan
B. tidak mau kalah dalam berdiskusi
C. pindah ke Jakarta mengikuti ibunya
D. jarang bersedih dan selalu bersabar
Jawaban: D
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang tepat dan sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
= Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang tepat dan sesuai yang terdapat pada teks tersebut.
26. Apa tugas dari Moderator dalam debat ?
a.Memipin jalannya diskusi
b.Menilai peserta
c.Berargumen
d.Menjadi pengamat
a.Memipin jalannya diskusi
b.Menilai peserta
c.Berargumen
d.Menjadi pengamat
Jawaban: A
= tugas moderator dalam debat adalah memimpin dan mengawasi jalannya diskusi.
= tugas moderator dalam debat adalah memimpin dan mengawasi jalannya diskusi.
27.
Apa yang dimaksud mosi debat ?
a. Tema Debat
b. Argumen peserta
c. Penilaian juri
d. Peristiwa penting
a. Tema Debat
b. Argumen peserta
c. Penilaian juri
d. Peristiwa penting
Jawaban: A
= Mosi adalah tema atau topik yang akan dibicarakan dalam sebuah perdebatan.
= Mosi adalah tema atau topik yang akan dibicarakan dalam sebuah perdebatan.
28. Apa peran tim pro terhadap mosi debat?
a.Netral
b.Menolak
c.Mendukung
d.Semua benar
a.Netral
b.Menolak
c.Mendukung
d.Semua benar
Jawaban: C
= Tim pendukung adalah tim yang setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk mendukung pernyataan topik tersebut.
= Tim pendukung adalah tim yang setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk mendukung pernyataan topik tersebut.
29. Apa peran tim kontra terhadap mosi debat?
a.Netral
b.Menolak
c.Mendukung
d.Semua benar
a.Netral
b.Menolak
c.Mendukung
d.Semua benar
Jawaban: B
= Tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang pernyataan topik tersebut.
= Tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju terhadap pernyataan topik debat dan bertugas memberikan argumentasi untuk menentang pernyataan topik tersebut.
30. Berikut yang bukan termasuk aspek yang dinilai
dalam lomba debat bahasa Indonesia adalah?
a.Keluasan wawasan
b.Cara pemaparan argumen
c.Kerja team
d.Kemampuan berbahasa asing
a.Keluasan wawasan
b.Cara pemaparan argumen
c.Kerja team
d.Kemampuan berbahasa asing
Jawaban: B
= aspek yang dinilai dalam perlombaan debat bahasa Indonesia adalah keluasan wawasan, cara pemaparan argumen, kerja team, dan kelancaran berbicara.
= aspek yang dinilai dalam perlombaan debat bahasa Indonesia adalah keluasan wawasan, cara pemaparan argumen, kerja team, dan kelancaran berbicara.
31. Bacalah puisi di bawah ini!
Matahari begitu
menyengat
Sampai-sampai angin
sepoi tak mampu menyejukkan badanku
Asap hitam
mengepul, tiada kuhiraukan
Beginilah nasib
penjual koran di simpang lima
………………………..
…………………………………
………………………………………….
………………………………………………
Puisi yang tepat untuk melengkapi puisi di atas … .
a. Badan
panas dan dingin tiada lagi kuhiraukan
Demi menantap hari esok kuberangkat ke
sekolah
Bergelut dengan berlembar-lembar kertas ujian
di hadapanku.
b. Angin
kembali bertiup sepoi-sepoi
Aku hanya duduk di bawah pohon kelapa
Menikmati indahnya pemandangan di sekitarku
c. Aku
bersyukur sekalipun panas begitu terik
Tak mampu mematahkan semangatku
Ku ketuk kaca-kaca mobil sambil kutawarkan
daganganku
d. Lima ribu … lima ribu
Kusibuk menawarkan dagangan
asonganku
Sekalipun aku terasa lelah.
Jawaban: C
= Jawaban C merupakan jawaban yang paling tepat bila dibandingkan dengan jawaban yang lain. Sekalipun tidak menyebutkan dagangan yang dijual. Selain itu, aktifitas yang nampak dalam teks itu mencerminkan aktifitas yang dilakukan oleh pedangang Koran.
= Jawaban C merupakan jawaban yang paling tepat bila dibandingkan dengan jawaban yang lain. Sekalipun tidak menyebutkan dagangan yang dijual. Selain itu, aktifitas yang nampak dalam teks itu mencerminkan aktifitas yang dilakukan oleh pedangang Koran.
32 Ku
berdiri terpaku di tepi pantai.
Melihat
keindahan alam di sekitarnya.
Burung-burung
berkicau merdu.
Matahari
pagi mulai bersinar dari arah timur.
Pagi
pun mulai datang.
Seperti
hatiku yang penuh keceriaan.
Puisi yang sesuai dengan ilustrasi di atas
adalah ….
a. Ketika mentari terbit di ufuk timur
Kulihat panorama yang indah dan permai
Suara burung berkicau nan merdu
Mengingatkanku pada hari yang ceria
Mentariku yang bersinar
Mentariku yang dating
b. Aku kagum memandang
burung-burung
Beterbangan
kian kemari
Mengelilingi
pantai di pagi hari
Gelombang
ombak bertautan
Menyambut
hatiku yang gembira
c. Pantai yang indah permai
Ombakmu memecah berderai
Semilir angin membelai rambutku
Hati ini slalu merindukanmu
d. Pagi yang cerah
Sinarmu
begitu indah
Seindah
senyum mentari
Menyinari
bumi sepanjang hari
Tak
henti memanasi bumi
Bumi
pertiwi seakan bernyanyi
Jawaban: A
= Jawaban a sudah menggambarkan seluruh ilustrasi sedangkan jawaban b ada kata gelombang yang tidak melukiskan ilustrasi di atas, begitu juga jawaban c, jawaban d tidak sesuai dengan ilustrasi karena melukiskan keindahan bumi pertiwi.
= Jawaban a sudah menggambarkan seluruh ilustrasi sedangkan jawaban b ada kata gelombang yang tidak melukiskan ilustrasi di atas, begitu juga jawaban c, jawaban d tidak sesuai dengan ilustrasi karena melukiskan keindahan bumi pertiwi.
33. Bacalah puisi
berikut dengan saksama.
Saat
itu
(1)
Saat mentari mulai terbit
(2) Itulah awal aku mengenalmu dalam buku
(3) Saat raja siang membakar
(4) Itulah awal aku bersamamu
(5) Saat hujan turun dengan lebat
(6) Itulah saat aku mengkhawatirkanmu
(7) Saat bintang bertabur dan bulan tersenyum
(8) Itulah saat aku memikirkanmu
(9) Saat malam semakin larut
(10) Saat itulah aku merasa takut untuk kehilangan dirimu
(2) Itulah awal aku mengenalmu dalam buku
(3) Saat raja siang membakar
(4) Itulah awal aku bersamamu
(5) Saat hujan turun dengan lebat
(6) Itulah saat aku mengkhawatirkanmu
(7) Saat bintang bertabur dan bulan tersenyum
(8) Itulah saat aku memikirkanmu
(9) Saat malam semakin larut
(10) Saat itulah aku merasa takut untuk kehilangan dirimu
Tema puisi tersebut adalah ....
A. orang yang sangat setia
B. orang yang sedang marah
C. kerinduan seseorang pada ilmu
D. keakraban seseorang dengan waktu
Jawaban: A
= Kata yang berulang/semakna adalah sebagai berikut.
a. Kata-kata penunjuk waktu: pagi, siang, malam.
b. Kata-kata penunjuk kepada sikap perhatian:
mengenalmu, bersamamu, mengkhawatirkanmu, memikirkanmu, takut kehilanganmu. Dengan demikian, berdasarkan kata-kata itu, puisi tersebut menunjukkan seseorang yang sangat perhatian/kesetiaan pada sesuatu (orang/benda).
= Kata yang berulang/semakna adalah sebagai berikut.
a. Kata-kata penunjuk waktu: pagi, siang, malam.
b. Kata-kata penunjuk kepada sikap perhatian:
mengenalmu, bersamamu, mengkhawatirkanmu, memikirkanmu, takut kehilanganmu. Dengan demikian, berdasarkan kata-kata itu, puisi tersebut menunjukkan seseorang yang sangat perhatian/kesetiaan pada sesuatu (orang/benda).
34. Bungaku Bersemi Kembali
Bungaku kini bersemi kembali
setelah seminggu terkurung di lembah sunyi
kini bertunas lagi daunnya yang dulu menguning dan...
rantingnya yang dulu kering
kini segar kembali
Tidak sia-sia
kusiram bungaku hingga bersemi dan mekar kembali
setelah seminggu terkurung di lembah sunyi
kini bertunas lagi daunnya yang dulu menguning dan...
rantingnya yang dulu kering
kini segar kembali
Tidak sia-sia
kusiram bungaku hingga bersemi dan mekar kembali
Diksi yang tepat untuk melengkapi larik puisi
tersebut adalah.......
A. Berjatuhan
B. Bermunculan
C. Berguguran
D. Bertebangan
E. Berserakan
A. Berjatuhan
B. Bermunculan
C. Berguguran
D. Bertebangan
E. Berserakan
Jawaban: C
= jawaban c sudah paling tepat dalam menggambarkan bahwa daun itu dahulu berguguran.
= jawaban c sudah paling tepat dalam menggambarkan bahwa daun itu dahulu berguguran.
35. Sajak kita
Dik, pagi kita cerah
Akankah hari ini kita indah
Dik, jika senja kita merah
Mungkinkah malam benderang dengan sinar mentari
.....
Dik, rimba kita gersang
Sanggupkah kita menadah hujan-Nya kelak kita
Dia curahkan diam diam
Dik, pagi kita cerah
Akankah hari ini kita indah
Dik, jika senja kita merah
Mungkinkah malam benderang dengan sinar mentari
.....
Dik, rimba kita gersang
Sanggupkah kita menadah hujan-Nya kelak kita
Dia curahkan diam diam
Kalimat yang bermajas
untuk melengkapi bangian yang rumpang pada puisi tersebut yang tepat....
A. malam begitu indah
B. cinta kita selalu ada
C. pasti hidupmu bahagia
D. jangan lupa hidup ini cuma sementara
E. adakah rumah yang ramah untuk kita
Jawaban: E
= hanya jawaban E yang merupakan kalimat bermajas.
A. malam begitu indah
B. cinta kita selalu ada
C. pasti hidupmu bahagia
D. jangan lupa hidup ini cuma sementara
E. adakah rumah yang ramah untuk kita
Jawaban: E
= hanya jawaban E yang merupakan kalimat bermajas.
36. Cintaku Jauh Di Pulau
Amboi! Jalan sudah bertahun kutempuh !
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa ajal mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku
Amboi! Jalan sudah bertahun kutempuh !
Perahu yang bersama 'kan merapuh!
mengapa ajal mememanggil dulu
sebelum sempat berpeluk dengan cintaku
Suasana dalam puisi
di atas adalah....
a. sedih
b.marah
c.gembira
d. kecewa
e.senang
a. sedih
b.marah
c.gembira
d. kecewa
e.senang
Jawaban: A
= Suasana dalam puisi di atas adalah sedih karena tokoh sudah meninggal sebelum bertemu dengan orang yang dicintanya
= Suasana dalam puisi di atas adalah sedih karena tokoh sudah meninggal sebelum bertemu dengan orang yang dicintanya
37. Makna perahu pada kutipan puisi pada nomor 36 adalah...
a. kehampaan d. kepercayaaan
b. kematian e. kesedihan
c. kehidupan
a. kehampaan d. kepercayaaan
b. kematian e. kesedihan
c. kehidupan
Jawaban: C
= Makna perahu pada kutipan puisi yang paling tepat adalah kehidupan.
= Makna perahu pada kutipan puisi yang paling tepat adalah kehidupan.
38. Halaman Tak Terbatas
Bunga yang indah
.........
Akan sia-sia belaka
Di vas yang salah
Bungaku tak pernah layu
Merekah sepanjang waktu
malah selalu
.........
Akan sia-sia belaka
Di vas yang salah
Bungaku tak pernah layu
Merekah sepanjang waktu
malah selalu
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah...
a. kumbang hinggap disana
b. memiliki duri menusuk
c. merebak aroma
d. tumbuh di halaman
e. berwarna-warna indah
a. kumbang hinggap disana
b. memiliki duri menusuk
c. merebak aroma
d. tumbuh di halaman
e. berwarna-warna indah
Jawaban: C
= larik bermajas yang paling tepat untuk melengkapi puisi diatas adalah merebak aroma karena sesuai dengan larik sebelumnya yaitu bunga yang indah
= larik bermajas yang paling tepat untuk melengkapi puisi diatas adalah merebak aroma karena sesuai dengan larik sebelumnya yaitu bunga yang indah
39. Jeritan Malam
Di kelam hitam mengepung
.....
Merintih ke langit
Derita hidup mengepung
menjerit bangsaku sedang berjuang
merintih ke langit
tenaga mesin menembus kelam
berputar roda atas rel tertentu
terus menuju ke statsiun akhir
semangat waja menembus kelam
berjuang bangsaku atas cinta tertentu
terus menuju negara merdeka!
Di kelam hitam mengepung
.....
Merintih ke langit
Derita hidup mengepung
menjerit bangsaku sedang berjuang
merintih ke langit
tenaga mesin menembus kelam
berputar roda atas rel tertentu
terus menuju ke statsiun akhir
semangat waja menembus kelam
berjuang bangsaku atas cinta tertentu
terus menuju negara merdeka!
Larik bermajas personifikasi yang sesuai
untuk melengkapi puisi tersebut adalah....
a. kami kedua menanti
b.menjerit peluit kereta malam
c.ratapan pekik melangit
d. bangkit berlari menumbuhkan kepala
e. entah mengapa
a. kami kedua menanti
b.menjerit peluit kereta malam
c.ratapan pekik melangit
d. bangkit berlari menumbuhkan kepala
e. entah mengapa
Jawaban: B
= majas personifikasi adalah majas yang memberi sifat-sifat manusia kepada benda mati. Dari 5 pilihan diatas, hanya pilihan D yang merupakan majas personifikasi.
= majas personifikasi adalah majas yang memberi sifat-sifat manusia kepada benda mati. Dari 5 pilihan diatas, hanya pilihan D yang merupakan majas personifikasi.
40. Alamku ini
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rumputan misteri
alamku ini memang begini
dapat dipastikan
perubahan yang terhenti
Awan bergerak
seiring waktuku yang kerontang
angin berdiri menepi
sejenak beri kesejukan
kuda berlari terkikik
tinggal jejak kaki
di antara rumputan misteri
alamku ini memang begini
dapat dipastikan
perubahan yang terhenti
Makna kias kering kerontang pada
bait puisi tersebut adalah...
a. penyesalan
b. kesunian
c. keputus asaan
d. penderitaan
e. kekecewaan
a. penyesalan
b. kesunian
c. keputus asaan
d. penderitaan
e. kekecewaan
Jawaban: C
= makna kias kering kerontang yang paling tepat dan sesuai pada puisi diatas adalah keputus-asaan.
= makna kias kering kerontang yang paling tepat dan sesuai pada puisi diatas adalah keputus-asaan.
41. Maksud puisi pada 40 nomor tersebut
adalah...
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b.ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. penyesalan terhadap apa yang menimpa dirinya sendiri
e. keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya
a. seseorang yang tidak mau lagi memedulikan kehidupannya
b.ketidakpedulian seseorang terhadap kehidupan orang lain
c. kekecewaan seseorang atas nasib yang menimpa orang lain
d. penyesalan terhadap apa yang menimpa dirinya sendiri
e. keputusasaan menghadapi masalah hidup yang dialaminya
Jawaban: E
= makna puisi diatas yang tepat adalah keputus asaan seseorang dalam menjalankan hidupnya.
= makna puisi diatas yang tepat adalah keputus asaan seseorang dalam menjalankan hidupnya.
42. Suasana yag tergambar dalam puisi tersebut
adalah....
a. galau d. harmonis
b. gelisah e. tak acuh
c. sedih
a. galau d. harmonis
b. gelisah e. tak acuh
c. sedih
Jawaban: A
= larik puisi diatas memberikan suasana hati galau karena mengalami keputus asaan akan kehidupan.
= larik puisi diatas memberikan suasana hati galau karena mengalami keputus asaan akan kehidupan.
43.
Menyesal
pagiku hilang sudah melayang
hari mudaku sudah pergi
sekarang.... datang membayang
batang usiaku sudah tinggi
pagiku hilang sudah melayang
hari mudaku sudah pergi
sekarang.... datang membayang
batang usiaku sudah tinggi
Diksi yang sesuai untuk mengisi bangian yang
rumpang dalam larik puisi tersebut adalah ....
a. sore d. tua
b. gerimis e. angin
c. petang
a. sore d. tua
b. gerimis e. angin
c. petang
Jawaban: C
= diksi yang tepat agar sesuai dengan puisi diatas adalah petang, karena petang memiliki akhir yang sama dengan sekarang, dan sehabis pagi waktu yang tepat adalah petang.
= diksi yang tepat agar sesuai dengan puisi diatas adalah petang, karena petang memiliki akhir yang sama dengan sekarang, dan sehabis pagi waktu yang tepat adalah petang.
Bacalah puisi berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal-soal No 44-45 berikut!
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
44. Tema puisi tersebut adalah ...
A. Persahabatan
B. Kelelahan
C. Perdamaian
D. Kepercayaan
E. Kerusuhan
A. Persahabatan
B. Kelelahan
C. Perdamaian
D. Kepercayaan
E. Kerusuhan
Jawaban: A
= Karena kata yang dirujuk: sahabat (sapaan positif) …. Kita (penyapa dan yang disapa) …. tebarkan arah (tindakan persahabatan) … untuk sahabat (penegasan persahabatan).
= Karena kata yang dirujuk: sahabat (sapaan positif) …. Kita (penyapa dan yang disapa) …. tebarkan arah (tindakan persahabatan) … untuk sahabat (penegasan persahabatan).
45. Suasana yang tergambar pada puisi tersebut
adalah ...
A. semangat
B. tegang
C. sunyi
D. gembira
E. senang
A. semangat
B. tegang
C. sunyi
D. gembira
E. senang
Jawaban: A
= karena kata yang dirujuk:
tebarkan arah … jangan lelah.
46. Berikut ini yang termasuk dalam cara – cara
membaca puisi dengan lafal, intonasi yang tepat adalah , kecuali . . .
A. membaca puisi yang akan di baca
B. memberi tekanan dan jeda dan tekanan dalam
teks puisi
C. memahami isi puisi
D. membaca dengan suara keras
E. membaca dengan lafal dan intonasi yang
sesuai dengan isi puisi
Jawaban: D
= karena membaca puisi dengan keras bukanlah cara membaca puisi yang tepat .
= karena membaca puisi dengan keras bukanlah cara membaca puisi yang tepat .
47. Bacalah puisi berikut ini dengan saksama!
Surat dari ibu
Jika bayang telah pudar
Dan elang laut pulang ke sarang
Angin bertiup ke benua
Tiang – tiang akan kering sendiri
Dan nahkoda sudah tau pedoman
Boleh engkau datang padaku
Dan elang laut pulang ke sarang
Angin bertiup ke benua
Tiang – tiang akan kering sendiri
Dan nahkoda sudah tau pedoman
Boleh engkau datang padaku
Makna lambang dari
nahkoda sudah tahu pedoman adalah…
A. Sudah mencari
pedoman hidup
B. Sudah menemukan arah dan tujuan
C. Sudah mempunyai pasangan hidup
D. Sudah berilmu dan berpengalaman
E. Sudah menjadi nahkoda berpengalaman
B. Sudah menemukan arah dan tujuan
C. Sudah mempunyai pasangan hidup
D. Sudah berilmu dan berpengalaman
E. Sudah menjadi nahkoda berpengalaman
Jawaban: D
= Karena yang tepat untuk melambang kata nahkoda yaitu sudah berilmu dan berpengalaman.
= Karena yang tepat untuk melambang kata nahkoda yaitu sudah berilmu dan berpengalaman.
Cermati puisi berikut
untuk menjawab soal No 48!
Bencana
Kini kota menjadi mati
kaku dan membeku
aku sungguh tak sanggup
melihat orang menjadi ikan
dihanyutkan oleh bandang
selepas gaduh di pagi benderang itu
aku benar-benar kehilangan sejarah
tentang cerita yang memendam rasa
aku benar-benar kehilangan sejarah
tentang cerita yang memendam rasa
A. kehidupan
B. kesenangan
C. keindahan
D. kejujuran
E. kesedihan
Jawaban: A
= Kata kota dalam puisi itu tersebut bermakna “kehidupan”. Hal ini terlihat dari upaya pengarang dalam merajut larik berikutnya dengan cara melakukan personifikasi kata kota dengan kematian, kekakuan, kebekuan.
= Kata kota dalam puisi itu tersebut bermakna “kehidupan”. Hal ini terlihat dari upaya pengarang dalam merajut larik berikutnya dengan cara melakukan personifikasi kata kota dengan kematian, kekakuan, kebekuan.
49.Bacalah puisi
berikut
Ada
Tilgram Tiba Senja
....
Ada
podang pulang ke sarang
Tembangnya
panjang berulang-ulang
pulang
ya pulang, hai petualang!
Ketapang.
Ketapang yang kembang
Berumpun
di perigi tua
Anakku
datang anakku pulang
Kembali
kucium, kembali kuraba
Tema puisi tersebut
adalah ....
A. Bunga yang
berkembang
B. Pulangnya
anak tersayang
C. Kegembiraan
seorang anak
D. Pulangnya sang
kepodang
Jawaban: B
= Tema merupakan gagasaan pokok dalam puisi. Tema berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam puisinya. Tema puisi tersebut adalah Pulangnya anak tersayang. Hal ini ditunjukkan dengan larik Anakku datang anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba.
= Tema merupakan gagasaan pokok dalam puisi. Tema berfungsi sebagai landasan utama penyair dalam puisinya. Tema puisi tersebut adalah Pulangnya anak tersayang. Hal ini ditunjukkan dengan larik Anakku datang anakku pulang/Kembali kucium, kembali kuraba.
50. RASA CINTAKU
Kau tiba-tiba hadir dan isi hatiku yang kosong...
Hanya kau yang ada dipikiranku sekarang...
Aku tak tau bagaimana caramu mengisi hatiku...
Engkau sungguh membuatku tak mengerti...
Rasanya hatiku jadi tak menentu...
Untukku kau sangat berharga...
Lihatlah diriku ini yang berjuang untuk cintamu...
Aku sangat mencintaimu
Namun kau tak pernah sadari itu
Walau perih hati ini...
Aku disini kan selalu setia menantimu...
Rasakanlah cintaku ini begitu besar untukmu.
Kau tiba-tiba hadir dan isi hatiku yang kosong...
Hanya kau yang ada dipikiranku sekarang...
Aku tak tau bagaimana caramu mengisi hatiku...
Engkau sungguh membuatku tak mengerti...
Rasanya hatiku jadi tak menentu...
Untukku kau sangat berharga...
Lihatlah diriku ini yang berjuang untuk cintamu...
Aku sangat mencintaimu
Namun kau tak pernah sadari itu
Walau perih hati ini...
Aku disini kan selalu setia menantimu...
Rasakanlah cintaku ini begitu besar untukmu.
Amanat apa yang
terkandung dalam puisi tersebut?
A.Cintai lah seseorang sampai akhir hayatf
B.Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain
C.Lebih baik cinta pada orang lain dari pada
diri sendiri
D.Jangan menunggu sesuatu yang tidak pasti
E.Berkorban segalanya demi rasa cinta
. Jawaban: D
= amanat yang terkandung dalam puisi yang tepat adalah jangan menunggu sesuatu yang tidak pasti. Ini dapat kita petik dari larik “ walau perih hati ini, aku disini kan selalu setia menantimu “
= amanat yang terkandung dalam puisi yang tepat adalah jangan menunggu sesuatu yang tidak pasti. Ini dapat kita petik dari larik “ walau perih hati ini, aku disini kan selalu setia menantimu “
Ka itu no 11 tersebut apa ya di pembahasan dan jawaban saling berbeda
BalasHapus